tips & trik

install Laptop Tanpa CD Rom

Anda baru saja membeli sebuah laptop baru dan ingin install windows 7 tapi bingung karena notebook / netbook anda nggak ada CD Rom nya? jangan kawatir kali ini saya akan berbagi cara install laptop dari usb flashdisk tanpa CD Rom.

Saat ini banyak sekali kita jumpai produk laptop, notebook atau netbook berukuran 10 inch dengan merk dan harga yang bervariasi. sebut saja Acer Aspire One, Asus EEE PC, Dell Inspiron mini, dan lain sebagainya. Kebanyakan netbook tersebut tidak ada CD Rom nya sehingga banyak yang kebingungan untuk install laptop baru, kali ini kita akan install Asus EEE PC dengan menggunakan usb flashdisk.

pertama, sediakan usb flashdisk yang masih kosong dengan kapasitas minimal 1 gb. kemudian kita format flashdisk tersebut menjadi bootable dengan bantuan software HPUSB format tools dan sebuah DOS system file, software HPUSB bisa di download DISINI dan untuk DOS system silahkan download DISINI. Setelah anda download kedua file diatas, ikuti langkah-langkah berikut :

Extract DOS system ke sebuah folder, contoh D:\\Dos
Jalankan HPUSB format tools, pilih device sesuai flashdisk anda
Centang pilihan Create a Dos Startup disk, dan pada pilihan “using DOS system files located at” arahkan pada folder dimana anda extract DOS system tadi.
Klik start dan tunggu hingga proses selesai.
Setelah proses format selesai copy-kan file lain di folder D:\\Dos yang belum ter copy di flashdisk.

Nah, jika anda ikuti langkah diatas dengan benar, saat ini flashdisk anda sudah bootable dan sekarang kita menginjak pada langkah-langkah install OS. Silahkan anda pilih sendiri mau install windows xp, windows Vista atau Windows 7 di laptop anda dengan usb flashdisk tadi. Ok, jika sudah siap silahkan masukkan CD Rom Windows anda dan copy semua file pada folder i386 ke dalam usb flashdisk. Untuk install laptop Asus EEE PC dengan usb flashdisk ikuti langkah-langkah berikut :

Tancapkan usb flashdisk, kemudian hidupkan laptop anda.
Ketika muncul logo asus tekan esc, kemudian pilih booting lewat flashdisk
Setelah masuk ke DOS prompt, hapus partisi yang ada di harddisk laptop dengan FDISK.exe
Kemudian buat sebuah partisi primary baru dan set partisi tersebut menjadi active.
Restart laptop anda agar partisi tersebut dikenali, kemudian format partisi baru tersebut dengan perintah FORMAT D: /s.
Setelah selesai, kemudian copy file himem.sys, config.sys dan smartdrv.exe. Laptop anda sekarang sudah bisa booting dari harddisk. Restart laptop Asus EEE Pc anda kemudian pilih booting lewat harddisk.
Setelah masuk ke DOS prompt C:\\, kemudian masukkan perintah smartdrv agar flashdisk dikenali.
Pindah ke drive D:\\ dan ketik cd i386 kemudian ketik perintah winnt.exe.
Jika langkah diatas anda ikuti dengan benar maka akan muncul layar instalasi windows, dan silahkan anda lanjutkan install windows seperti saat anda install dari CD Rom.

Langkah langkah install laptop tanpa CD Rom diatas tidak hanya untuk laptop / notebook Asus EEE Pc saja, anda bisa menerapkannya untuk install laptop baru yang lain. Semoga berguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s